Jalan-Jalan Asik – Part 2

Bandung dan Jakarta…

Ini bukan traveling sekali jalan, hanya rangkuman dari dua cerita berbeda.

Jalan-jalan murah akan sangat dibantu jika di tempat tujuan kita  punya kenalan. Sudah sangat beruntung jika dikasih tempat tinggal gratis, kalo sampe makan gratis dan diajak jalan-jalan pake mobil pribadi itu lebih nguntungin lagi. Keuntungan itulah yang menghampiri saya pas jalan-jalan ke Bandung, saya diajakin sama tiga teman cowok yang seru-seru dan “gila”, kebetulan mereka mau mengunjugi kenalan satu kampung mereka yang sedang lanjut studi di ITB Bandung, mereka rencana mau nginap di rumah kontrakannya. Pas banget saya bisa ngambil kesempatan ini untuk jalan-jalan di Bandung (perjalanan saya pertama ke Bandung kurang berkesan karena terlalu singkat), walaupun saat itu duit saya sisa seratus ribu, tapi karena bisa tinggal gratis…yuk mari!

JKT-BDG2

Menurut saya Bandung lumayan seru untuk wisata dalam kota seperti halnya Jogja, pemandangan kebun tehnya juara, Kawah Putih. Salah satu dari kami punya teman sekampus yang kebetulan orang Bandung dan lagi pulang kampung, diajaklah kami jalan-jalan ke museum Geologi (mereka berkujung ke museum ini skalian belajar, karena sesuai ama jurusan mereka). Buat saya itu lumayan, buat nambah referensi jalan-jalan saya karena ternyata tempatnya bagus, pertama banget buat saya.

Lain Bandung lain pula Jakarta, Jakarta adalah tempat para musisi besar luar negeri manggung. Well, bagi mereka diluar Jakarta seperti saya, yang mau nyaksiin langsung penampilan band favorintya kudu nyamperin Jakarta. Saya namain Jakarta sebagai lokasi wisata konser internasional, Jakarta akan menjadi titik temu antara kamu dan idola kamu yang datang jauh dari seberang samudera, kamu nggak bakal bisa ngeluapain ni kota gitu aja.

fan-atics

Abis nonton konser dan tidur penuh mimpi indah, besoknya naik bus Trans Jakarta yang sesak itu (bagi saya disitu serunya, haha), nyempetin diri belanja baju bekas yang paling asoooy di Pasar Senen (puas, tiga lantai hampir semua isinya orang jualan baju CAKAR BONGKAR, kualitas luar negeri yang murah meriah). Kalo rajin dan sabar milih (ini ni ‘seni’nya ke Pasar Senen) maka kamu bakalan dapet yang bagus, nggak kalah mode sama yang kamu beli di mall gede yang harganya selangit itu. Yup, ke Jakarta nggak cuman buat ke Ancol, Puncak ataupun jalan-jalan di mall yang berhamburan di kota itu… Jakarta juga punya Kota Tua yang klasik banget. Yang bikin males di Jakarta, menurut saya cuman satu, MACET. Malas banget deh, sumpah.

Ke Magelang buat Merbabu…

Dari SMA saya penasaran banget pengen mendaki gunung, dan akhirnya kesampean pas udah kuliah di Jogja, temen saya ngajak mendaki gunung Merbabu di Magelang. Saya sampe beli tas carrier segala, sisanya bawa diri dan fisik yang siap, because that was my first experience to climb a mount. Sebelumnya udah pemanasan dengan ngabisin malam dan menanti sunrise di gunung Api Purba, tapi itu kan tingginya hanya sekitar 700 mdpl, lha Merbabu 3142 mdpl, Uw tantangan.

Kami mengambil jalur—sesuai rekomendasi teman yang sebelumnya melalui jalur itu, karena katanya lebih cepat—yang ternyata lebih menantang dan susah -_- (ni orang nggak kira-kira mana 3 dari kami masih pemula). Baru mau naik ke pos awal aja saya udah ngos-ngosan, kebetulan banget saat itu berat badan saya lagi naik-naiknya, dan udah nggak pernah jogging maupun senam pagi seperti yang rutin saya lakuin sebelum saya jadi bengkak. Nggak pas banget deh. Parahnya dari kami berenam saya cewek sendiri dan 3 dari mereka udah biasa mendaki gunung, mereka berlima gak bakal paham psikologis saya, hagz.

Sepanjang pendakian menuju pos untuk lokasi camping, teman-teman saya hanya bisa tertawa dengan nafas tersengal, ngeliatin perjuangan saya yang tertinggal dibelakang-mendaki dengan susah payah- sambil ngumpatin nama-nama binatang, hehe. Kami berhenti sejenak menjelang sunset, umpatanku hilang sisanya hanya kekaguman didalam hati, bisa nyaksiin sunset yang menurut saya lebih indah bila dari ketinggian.

merbabu 1

sunset

Sampe lokasi camping badan saya hampir membeku, dinginnya luar biasa. Kami bukan pendaki professional yang pakaian dan perlengkapan mendakinya serba komplit dan siap dengan perubahan suhu diatas gunung, intinya bikin kamu tahan sama mount sickness. Saya cuman modal jaket berbahan katun 2 lapis, celana training, sarung tangan, kaus kaki 2 lapis karena saya pake sandal dan bukan sepatu gunung. Untungnya suhu tubuh saya pada dasarnya hangat, serius saya suka dibilang sakit sama teman saya kalo mereka nyentuh badan saya, karena hangat dan beda sama suhu tubuh mereka (aah jangan-jangan saya turunan warewolf, hihi). Saya juga sudah terbiasa dengan udara dingin, jadi walaupun saya pemula dalam mendaki, saya nggak sampe kenalan sama yang namanya mount sickness.

Kami hanya membawa dua buah tenda ukuran kecil, dan karena saya cewek sendiri maka saya tidur ditenda yang satunya bersama tas-tas kami, mereka para cowok tidur dempet-dempetan ditenda yang satunya lagi. Enakan mereka sih, jadinya lumayan hangat, saya walaupun udah masuk sleeping bag dan dempet-dempetan sama tas tetap aja menggigil kedinginan. Alhasil sampe menjelang jam 5 pagi saya terbangun setiap 10 menit karena menggigil.

Entah halusinasi karena ngantuk tapi kedingininan dan susah tidur atau memang yang namanya makhluk halus ditempat sunyi itu mesti punya sarang, saya ngerasa ada beberapa orang disekitar tenda saya mondar-mandir dan berbisik-bisik nggak jelas. Maksain positif thingking bahwa itu mungkin pendaki lain yang baru naik, karena sepanjang perjalanan sampe pos ini hanya kami berenamlah yang sedang mendaki Merbabu. Karena penasaran, paginya saya buru-buru cek keluar, dan memang hanya ada kami. Hiiiiiy, berarti mereka yang semalam siapa dong?!

sun-rises

Menjelang sunrise saya bertiga sama teman buru-buru menyiapkan diri untuk menikmatinya, dan siap buat jeprat-jepret—memang salah satu tujuan saya mendaki adalah buat melampiaskan nafsu saya akan fotografi alam—indahnya nggak kalah sama sunset. Sekitar jam 9 pagi kami siap-siap mendaki menuju puncak, pas mau ganti baju…saya ternyata datang bulan (oh my, yang namanya datang bulan pasti saya bawaannya nyeri pinggang dan perut, jadinya kayak orang lagi kurang sehat), jleb. Saya cerita ke teman-teman, mereka yang “ooh”, iyalah mana ngerti mereka sama masalah cewek yang satu ini. Tapi saya nggak mau nyerah, saya harus bisa mendaki sampe puncak…dan pendakiannya masih JAUUUUH, nelan ludah.

Pengobat lelah, nyeri dan buat ngapusin dosa karena ngumpat sepanjang pendakian adalah (rasa syukur dan kagum terhadap sang Pencipta alam semesta, karena kekaguman tiada tara memandang alam dari ketinggian. 100% PECAH.

merenungi alam bertasbih

merbabu

Sepuluh langkah lagi menginjak puncak tertinggi dari gunung ini, tenaga saya tiba-tiba seperti dipompa…huw ha huw ha huw ha, AHAHAHAHAHAHAHAHA SAYA ADA DI PUNCAK MERBABU SODARA-SODARA…AWAN BUKAN LAGI DITAS KEPALA TETAPI DIBAWAH KAKI. Yang bikin saya menari dan teriak-teriak nggak jelas adalah ketika melihat kebawah, ngingat proses saya mendaki sampe saya bisa nginjak puncak, jauuuuh…nyiiiiiiit PECAAAAH banget. Puas teriak-teriak, kami mulai deh narsis-narsisannya. Penurunan nggak sesusah pendakian, yang ini nggak perlu ngumpat, sepanjang jalan malah sibuk bergosip dan ketawa…Ahhh SERU.

merbabu 2

dancing crazy

merbabu 3

to the top

……….Saya lupa urutan dari pengalaman diatas mana yang lebih dulu mana yang blakangan…Aaah pokoknya JALAN-JALAN itu ASIK.

baca sebelumnya – part 1 … https://myduniaelang.wordpress.com/2013/05/28/jalan-jalan-asik-part-1/

About nohn syairi

I am a student in every place, time, and situation.
This entry was posted in Story and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Jalan-Jalan Asik – Part 2

1. yuliana says:

lain kali kyak.y boleh nih..ikut mendaki gunung Merbabu.. *pengen
    pemandangan.y bagus sekali..^^
    hihihihihi

• nohn syairi says:

Yuuuk mari! kalo Tuhan mengizinkan…skalian mendaki Semeru nanti, persiapkan fisik dan mental saja. berhubung kita sama2 bukan penggila mendaki gunung, jadi skalian yg cetar2 saja dinaiki…uji nyali. kekeke